Kamis, 13 Oktober 2022

Dua Warga Pacitan Selamat Setelah Tertimbun Tanah Longsor

Gambar rumah terdampak material tanah longsor di Desa Gembuk Kec. Kebonagung (13/10)


Penataan lingkungan yang kurang maksimal mengakibatkan banjir dan tanah longsor saat curah hujan meningkat di sejumah daerah. Di Kabupaten Pacitan, misalnya, bencana itu sudah beberapa kali terjadi selama beberapa waktu terakhir. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat Erwin Andriatmoko menyatakan bahwa bencana alam itu berkaitan dengan fenomena Gelombang Rossby. Berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diterima BPBD Pacitan menyebutkan bahwa fenomena itu meningkatkan kadar air pada awan kumulonimbus.

Oleh karena itu, Erwin mengimbau warga untuk proaktif memantau setiap informasi yang disampaikan melalui lembaga resmi. Terkait dengan kerusakan akibat banjir dan longsor, ia belum dapat merinci secara lengkap. “Masih dalam pendataan,” ujar Erwin dikutip dari situs berita Antara, Kamis, 13 Oktober 2022.

Yang jelas, tanah longsor yang terjadi di wilayah Desa Bangunsari, Kecamatan/Kabupaten Pacitan mengakibatkan dua warga mengalami luka-luka, pada Rabu 12 Oktober 2022. Mereka yang masih saudara kandung itu dirawat di RSUD dr Darsono, Pacitan.

“Satu korban, yaki Junianto (37) mengalami luka ringan dan sudah diperbolehkan pulang. Satu korban lainnya, yaitu Redian Tri Wiboro (18) masih mendapatkan perawatan intensif karena mengalami patah tulang pada tangan kirinya,” kata Kapolres Pacitan AKBP Wildan Alberd.

Menurut dia, kejadian itu dialami keduanya saat berupaya melakukan mitigasi bencana di belakang kediamannya. Mereka bermaksud menanggulangi aliran air yang muncul dari perbukitan. Namun, upaya itu tak membuahkan hasil. Debit air kian deras hingga akhirnya material longsor menimbun tubuh kakak beradik tersebut.

Warga yang mengetetahui kejadian itu memberikan pertolongan dan berhasil mengevakuasi korban dalam kondisi selamat.

Selain mengakibatkan longsor, hujan deras yang terjadi di Pacitan sejak Rabu dini hari mengakibatkan puluhan titik permukiman terendam banjir. Akses lalu lintas di beberapa jalan terganggu akibat tergenang air bah. Tidak adan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.


Sumber :

https://jatimnet.com/dua-warga-pacitan-selamat-setelah-tertimbun-tanah-longsor


0 komentar:

Posting Komentar