Selasa, 09 Agustus 2022

Bupati Apresiasi MDMC Pacitan Gulirkan Program “Sahabat”


Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengapresiasi Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Pacitan menggulirkan program “Sahabat” yang merupakan kepanjangan dari bersama hadapi wabah dengan menggalang data dan informasi.

Apresiasi tersebut disampaikan oleh Bupati saat membuka workshop monitoring dan evaluasi program sahabat Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yang digelar pada Senin (8/8/2022) di Gedung Dakwah Muhammadiyah Pacitan.

“Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada MDMC karena dengan (program) ini secara otomatis turut men-support pemerintah daerah melalui program-programya,”kata Bupati.

Dia juga menegaskan, bahwa data dan informasi untuk saat ini sangatlah penting, sehingga tepat jika MDMC sudah membekali relawannya dengan kemampuan untuk mengolah data dan informasi kebencanaan agar penganannya bisa cepat dan tepat.

Program “Sahabat” ini adalah salah satu program dari MDMC PP Muhammadiyah yan sudah berlangsung kurang lebih 5 bulan sejak di launching awal tahun 2022 yang lalu.

Di Pacitan, program ini menyentuh lima Desa, diantaranya adalah Gembuk, Mentoro, Purworejo, Pringkuku dan Donorojo. Adapaun program ini juga  hanya ada 5 kabupaten se-Jawa Timur dan Pacitan ada diantaranya.

Ketua MDMC Pacitan, Agus Hadi Prabowo mengatakan workshop yang diselenggarakan kali ini adalah penghujung kegiatan, dan sengaja mengundang Bupati Pacitan dan jajaran yang linier dengan bidang kebencanaan tidak lain adalah untuk laporan kegiatan dan juga untuk menerima evaluasi yang berupa kritik dan saran maupun masukan dari pihak-pihak terkait.

Agus mengungkapkan MDMC Pacitan bukan kali pertama menerima amanah program dari pusat, baik untuk kebencanaan non-Covid maupun kebencanaan Covid seperti yang sedang dialami saat ini.

“Kami selalu siap untuk menerima program-program dari pusat (Muhammadiyah/MDMC) dan kami Amanah,”kata dia.

Agus mengatakan MDMC Pacitan semenjak bencana 2017 yang lalu sering mendapat amanah untuk melaksanakan program kebencanaan yang didanai oleh founding luar negeri seperti Australian Goverment seperti program sahabat yang sekarang sedang berlangsung dan dijalankan MDMC di kabupaten Pacitan.

“Harapan dari monitoring dan evaluasi kegiaan kali ini yang dirangkaikan dengan Workshop adalah sebagai alat ukur keberhasilan program di Pacitan, serta sebagai bahan masukan agar program ini tetap berlanjut,”pungkas Agus.



Sumber : Bupati Apresiasi MDMC Pacitan Gulirkan Program “Sahabat” (pacitanku.com)

0 komentar:

Posting Komentar