Sabtu, 26 Februari 2022

Wakil Ketua MDMC Terima Penghargaan Sebagai Tokoh Pemberdayaan 2021

Wakil Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah, Rahmawati Husein menerima penghargaan sebagai Tokoh Pemberdayaan Tahun 2021 dari lembaga filantropi Rumah Zakat, Kamis (24/02) bersama sejumlah tokoh nasional lainnya .

Ini merupakan penghargaan dari Rumah Zakat kepada individu yang dipandang berdedikasi dalam mewujudkan kebahagiaan kepada sesama melalui beragam kontribusi sesuai dengan posisi dan perannya dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.
Kali ini dengan tema “Saatnya Tumbuh Bersama” Rumah Zakat memberikan penghargaan kepada 10 tokoh. Selain Rahmawati Husein ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji.
Kemudian CEO Telkomsel Hendri Mulya Syam, Ketua Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Anggito Abimanyu, Presiden Direktur Metro TV Don Bosco Selamun, Youtuber Atta Halilintar, Relawan Inspirasi Desa Berdaya Cisande Maman Mulyana dan Relawan Nusantara Cici Nurul Hikmah.
Mewakili para penerima penghargaan, Rahmawati Husein mengucapkan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan dan menyampaikan bahwa selama ini Rumah Zakat juga menjadi salah satu pihak yang bekerja sama dengan MDMC dalam program-program pemberdayaan masyarakat.
“Jadi memang kerja-kerja kemanusiaan itu tidak hanya kerja respon, tidak hanya kerja tanggap darurat, tetapi bagaimana mengantisipasi dan saya lihat Rumah Zakat secara konsisten ini memiliki kepedulian yang sangat tinggi,” katanya.
Rahmawati Husein juga berharap bahwa pemberdayaan khususnya di bidang bencana dan kemanusiaan ini akan terus selalu antisipatif.
“Jadi tidak hanya reaktif, tetapi bagaimana mengurangi resiko bencana, baik itu bencana alam maupun bencana sosial, termasuk pandemi dan juga stunting ini sebetulnya juga bencana sosial karena melemahkan masyarakat secara luas,” imbuh wanita yang akrab disapa Ama ini.
Menurutnya bergerak di bidang kemanusiaan dan kebencanaan itu merupakan panggilan kita. “Jadi merupakan kewajiban, kita berharap bahwa bagian dari kontribusi yang sedikit, sebaik baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat, itu di salah satu hadist disebutkan. Semoga kita semua yang hadir disini menjadi salah satu yang bermanfaat untuk kemanusiaan,” pungkas Rahmawati.
Acara tersebut berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama Republik Indonesia dan dihadiri oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin Ketua Dewan Pengawas Syariah Rumah Zakat, Siti Ma’rifah, serta Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar. (Tim Media MDMC)
Yogyakarta, 25 Februari 2022
Atif Jamali
Wakil Ketua MDMC PP Muhammadiyah



0 komentar:

Posting Komentar