Minggu, 12 Desember 2021

Menanam Pohon di Gunung Lanang, Sebuah Peran Kecil

 


Gunung Lanang terletak pada posisi sekitar 8.200556° LS dan 111.1758° BT berada di Desa Punjung Kecamatan Kebonagung. Kondisi kawasan sekitar gunung lanang ditumbuhi tananam ketela pohon warga masyarakat dan semak belukar, di samping satu-dua pohon akasia dan pada puncaknya tumbuh pohon pinus. Di musim hujan ini tampak tumbuh subur dan hijau dedaunan.

“Gunung Lanang ini sebagaimana keinginan Karang Taruna akan disiapkan dan rintis sebagai kawasan wisata sekaligus agrowisata, dan icon Desa Punjung”, kata Imam Sayuti – Kepala Desa Punjung (12/12). Nantinya bisa sebagai alternatif wisata minat khusus, dengan mendaki gunung dan keindahan panorama alam dari puncak Gunung Lanang ini, tambahan penjelasan Imam Sayuti.

Bersambut dengan hal tersebut di atas sebanyak 12 anggota/relawan MDMC dan ORARI Lokal Pacitan mengadakan kegiatan di Gunung Lanang ini. Kegiatan yang dilakukan adalah penanaman pohon aren, jeruk dan alpokat, sebagai uji coba apakah tananam buah tersebut dapat tumbuh dan berkembang di kawasan Gunung Lanang dengan ketinggian  sekitar 709 meter di atas permukaan laut (mdpl). Penanaman dilakukan bersama dengan anggota Karang Taruna Desa Punjung.


Ketua MDMC/ORARI Lokal Pacitan, Agus Hadi Prabowo, dalam penyataan pada saat penanaman pohon menyatakan, “Menanam adalah sedekah. Kami ke sini selain berwisata juga sedekah. Semoga bermanfaat bagi lingkungan kawasan Gunung Lanang, dan pada saatnya nanti tanaman yang kami bawa sebagai bahan pertimbangan Karang Taruna dan Pemerintah Desa Punjung dalam memilih jenis tanaman sebagai pengembangan wisata di tempat ini”.  

Kepala Desa dan Ketua Karang Taruna, menyambut gembira kedatangan anggota/relawan MDMC selain menikmati keindahan alam di puncak Gunung Lanang juga membawa “sedekah” dan “oleh-oleh” berupa bibit tanaman untuk ditanam Bersama.


Semoga kontribusi yang kecil ini dapat memberikan manfaat yang berarti di masa datang seiring dengan bertumbuhnya pohon-pohon yang telah ditanam tersebut. [ambyah]. 

0 komentar:

Posting Komentar