Sabtu, 19 Juni 2021

Peserta Workshop Jurnalistik MDMC Menulis


Ada hal yang menarik dari kegiatan Workshop Jurnalistik MDMC yang diselenggarakan oleh MDMC Pimpinan Pusat melalui aplikasi Zoom (19/6). Kegiatan diikuti oleh 155 peserta dari unsur relawan MDMC Pimpinan Wilayah dan Daerah seluruh Indonesia.

Salah satu materi kegiatan adalah : Praktik reportase hingga rilis berita. Tentu saja pada sesi kegiatan Workshop ini peserta dituntut untuk menuangkan gagasan dan ide “dari mana memulai menulis”. Materi trik dan tips menulis sudah diberikan oleh nara umber, tinggal bagaimana peserta untuk mempraktekkan.

Tidak mudah memang untuk menulis. Perlu dilatih, banyak membaca/referensi, dan pengalaman. Berikut  tulisan beberapa peserta yang diupload di sebuah grup WA Peserta Workshop Jurnalistik MDMC.





Kemudian, lain dari pada itu, tulisan sebagai hasil jurnalistik hendaknya memberikan kejelasan pesan/informasi yang diberikan sampai kepada penerima pesan tanpa mengalami penambahan/pengurangan dari pesan/informasi yang disampaikan. Ini penting, karena jurnalistik (bernuansa) kebencanaan menyangkut, minimal, sisi kemanusiaan. 


Selamat belajar....... 

0 komentar:

Posting Komentar