Sabtu, 19 Juni 2021

Perkuat Potensi Jurnalistik, MDMC Indonesia adakan Webinar

 


Muhammadiyah Disaster Managemen Center (MDMC) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, mengadakan Workshop pelatihan Jurnalistik melalui aplikasi Zoom. Hal ini dilakukan untuk memperkuat kapasitas relawan kebencanaan MDMC. Acara yang digelar tanggal 19 Juni 2021 ini diikuti lebih dari 155 peserta dari perwakilan MDMC wilayah maupun daerah di seluruh Indonesia.

Acara ini dibuka langsung oleh ketua MDMC Indonesia Budi Setiawan. Budi berharap dengan adanya pelatihan ini mampu menambah personil-personil Jurnalis MDMC di daerah daerah, sehingga apabila ada respon bencana di daerah akan segera bisa di rilis beritanya. 

Pada sesi kedua tampil fajar Dr. Fajar Junaedi, S. Sos, M. Si. yang juga dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini membawakan materi tentang Jurnalisme Bencana. Dalam paparannya ia menyampaikan bagaimana pentingnya etika jurnalistik dalam kebencanaan, dan salah satunya adalah dengan wajib memperhatikan proses pemulihan korban dan tidak menambah penderitaan ataupun traumatik korban bencana.

Disesi selanjutnya Hendra Setiawan yang sehari-hari bekerja di CNN tampil sebagai pemateri, dan ia menampilkan materi kuliah tentang Teknis Reportase/Pendekatan Mobile Journalism, Ia menampilkan contoh Mobile Jurnalisme yang sesuai dengan kaidah pemberitaan dan yang tidak sesuai dengan kaidah jurnalistik. Ia juga memberikan saran untuk menggunakan HP dengan format landscape untuk mengambil video dan foto dengan tetap memperhatikan kesetabilan gambar dengan tetap menggunakan laporan suara yang menggunakan kaidah 5W+1H dalam laporannya. 

Twediana Hapsari selanjutnya mengisi acara selanjutnya dengan memberikan materi teknik rilis berita. Di sesi ini juga dilakukan praktik penulisan berita yang diakhiri dengan evaluasi. 

Di sesi penutupan, dan hadir Arif Nurkholis untuk menutup rangkaian acara pelatihan jurnalistik ini. (MDMC Pacitan)


Bambang Setyo Utomo

Relawan MDMC Pacitan


Materi Workshop : https://drive.google.com/drive/folders/1YnN7vJw8TprHlACFMz1RtyI_ggszGumf?usp=sharing

0 komentar:

Posting Komentar