Jumat, 05 Maret 2021

Minimalisir Potensi Penularan Covid, Siswa SMP Muhammadiyah Ciptakan Face Shield Pembaca Suhu

 
Inovasi usaha mencegah penularan Covid-19, Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat berhasil membuat Face Shield pintar yang otomatis dapat membaca suhu tubuh penggunanya secara real time.

Dengan memakai Face Shield pintar ini, pengguna tidak perlu lagi untuk dicek suhu melalui thermo gun. Sang inovator, adalah siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat Devin Agastya Indy Gunawan.

Lelaki yang biasa dipanggil Devin ini mengaku ide awal pembuatan alat muncul ketika dirinya khawatir pengecekan dengan thermo gun setiap masuk ke sekolah mampu meningkatkan  potensi penularan Covid-19.

“Suhu otomatis akan keluar di layar dan update setiap detik dan menit,” kata Devin sebagaimana rilis humas SMP Muhammadiyah Kota Barat, Surakarta, Kamis (4/3).

“Kita bisa saling mengetahui dan mengawasi suhu satu sama lain. Jika suhu di atas 39 derajat nanti ada warning berupa lampu kedip-kedip sehingga harus jaga jarak,” imbuhnya.

Proses pembuatan alat ini memakan waktu dua bulan dengan percobaan aplikasi sensor suhu, layar dan mikro kontrol yang ditanam dalam Face Shield.

Atas inovasinya ini, Davin berharap karya inovatifnya bisa dipakai oleh masyarakat umum terutama oleh teman-teman sekolah dan guru saat pembelajaran tatap muka telah boleh diberlakukan beberapa bulan ke depan.



Sumber : https://muhammadiyah.or.id/minimalisir-potensi-penularan-covid-siswa-smp-muhammadiyah-ciptakan-face-shield-pembaca-suhu/

0 komentar:

Posting Komentar