Senin, 25 Januari 2021

Kurangi Risiko Bencana, MDMC Lakukan Penanaman Pohon Aren di Desa Nglaran


Pacitan, 24 Januari 2021. Pacitansatu.com. Keprihatinan atas berbagai bencana di Indonesia MDMC Pacitan terus melakukan upaya pengurangan resiko bencana. Seperti pada Ahad 24 Januari 2021 ini MDMC Pacitan melakukan penanaman Pohon aren di Dusun Turusan Desa Nglaran Kec. Tulakan Kab. Pacitan.

Kegiatan ini bekerjasama dengan karang taruna Sido Luhur pokja Stidar Sakti Dusun Turusan Desa Nglaran. Aren dipilih karena mampu mengikat tanah untuk mengurangi bencana longsor pada waktu musim hujan dan mampu menyimpan air diwaktu musim kemarau.

Aren ini juga dipilih karena memiliki nilai ekonomis yang bisa dimanfaatkan penduduk sekitar untuk menambah penghasilan warga.

Agus Hadi Prabowo, M. Pd ketua MDMC Pacitan mengatakan jika dalam siklus kebencanaan masa mitigasi bencana atau pra bencana bisa digunakan untuk melakukan upaya pencegahan bencana,

"Dalam sejarahnya daerah ini (Nglaran."red") merupakan daerah penghasil gula baik dari kelapa maupun aren, untuk itu kami memberanikan diri melakukan penanaman pohon aren bersama karang taruna dan pemerintah desa Nglaran." Imbuh Agus HP.


Jamal Edi Wibowo, S. Pd. Ketua karang taruna Sido Luhur Nglaran di tempat yang sama mengatakan bahwa sangat bersyukur adanya kerjasama dengan MDMC ini, ia bahkan berharap untuk membentuk kelompok masyarakat (pokmas) untuk pemberdayaan ekonomi berbasis pengolahan kelapa dan aren untuk menghasilkan gula. "Kami memiliki impian program ini terus berlanjut dengan didampingi dinas-dinas terkait. selain itu, kami juga berimpian akan munculnya para petani muda yang kreatif dan inovatif kemudian menembus pasar dunia bersama gula aren" sambung Jamal.


Kegiatan penanaman ini dilakukan oleh lebih dari 30 peserta dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. MDMC dalam kegiatan ini juga membagikan masker dan handsanitizer untuk peserta kegiatan. (elpacitano)

 

 

Sumber berita :

https://www.pacitansatu.com/2021/01/kurangi-resiko-bencana-mdmc-lakukan.html


3 komentar: