Sabtu, 23 Januari 2021

AKSI BERSAMA UNTUK SESAMA : Penggalangan Dana Kemanusiaan

Lazismu Pacitan terus bergerak melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah upaya penggalangan dana untuk korban bencana alam yang terjadi di negara kita Indonesia, antara lain tanah longsor di Jawa Barat, banjir di Kalimantan, dan gempa bumi di Sulawesi Tenggara, erupsi gunung merapi di Jateng/NTT, dan berbagai bencana alam di lain tempat. Kolaborasi itu melibatkan MDMC/LPB Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), PD Pemuda Muhammadiyah, Pimda Tapak Suci Putera Muhammadiyah,  Pimpinan Daerah Aisyiyah, dan juga organisasi otonom lain di Muhammadiyah dan Majelis/Lembaga Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pacitan secara keseluruhan.

Lazismu yang selalu sinergi dengan MDMC, kala terjadi bencana dan menghadapi masa tanggap darurat dan rehabilitasi rekonstruksi di lokal Pacitan dan tempat lain, maka diperlukan sebuah gerakan One Muhammadiyah One Respons (OMOR) untuk membantu meringankan beban yang dialami oleh korban bencana,  di mana saja berada. “Lazismu dan MDMC khususnya, selalu menjadi koordinator dalam kegiatan OMOR ini, kami berusaha membangun koordinasi dengan semua pihak terutama Organisasi Otonom di lingkungan Muhammadiyah Pacitan, seperti Aisyiyah dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah bahwa bencana adalah urusan bersama, dan ini adalah salah satu wujud nyata dakwah Muhammadiyah di tengah masyarakat," jelas Agus Hadi Prabowo, Ketua MDMC Pacitan. 

Kegiatan penggalangan dana bencana alam dimulai tanggal 15 Januari sampai dengan 30 Januari 2021 nanti. Isa Ansori, Ketua Lazismu Pacitan menyatakan, "Penggalangan dana kebencanaan alam dilaksanakan sesuai dengan instruksi Lazismu Jawa timur, berakhir tanggal 30 Januari nanti. Berapapun hasilnya kita transfer ke Lazismu Jawa Timur."

Sesuai dengan rekapitulasi terakhir yang kami rilis secara berkala pada  https://mdmcpacitan.blogspot.com/p/blog-page_1.html. penggalangan dana untuk bencana alam yang dilakukan oleh Lazismu berjumlah Rp. 21.964.500,00 pada hari Ahad (23/01/2021 - pukul 16:33 WIB). "Mengucapkan terima kasih atas kepedulian masyarakat Pacitan pada sesama warga bangsa yang mengalami musibah karena bencana alam. Terima kasih atas kepercayaan menyalurkan bantuannya kepada Lazismu Pacitan. Khusus untuk adik-adik mahasiswa yang bergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), salut dan bangga yang telah beraksi untuk sesama tanpa mengenal lelah untuk penggalangan dana bencana alam ini sehingga terkumpul dana 17 juta lebih," demikian ungkap Isa Ansori.

Lebih lanjut Isa menyatakan, “Semangat berbagi masyarakat Pacitan cukup bagus dan terpelihara, memiliki rasa kepedulian yang tinggi, semoga masyarakat Pacitan terhindari dari bencana, karena infaq dan shadaqahnya yang diberikan kepada sesama yang terkena musibah dilakukan dengan ikhlas." 

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pacitan juga respek dan mendukung atas kegiatan penggalangan dana untuk bencana alam ini. "Salut kepada Pengurus IMM Pacitan, salut kepada generasi muda yang peduli dan memiliki rasa simpati dan empati atas korban bencana alam yang terjadi. Kepedulian sosial seperti ini memberi kontribusi yang luar biasa bagi dakwah Muhammadiyah," jelas Nurul Hadi Mustofa, Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pacitan.

Ragam kegiatan yang menuntut kepedulian sosial dalam aksi bersama untuk sesama perlu dan penting untuk terus dilakukan, karena hal ini salah satu sarana untuk membangun karakter peduli terhadap sesama tanpa memperhatikan status sosial, dan latar belakang budaya lainnya. Sehingga kita berharap menjadi generasi mendatang yang peka terhadap persoalan yang menimpa sesama. {Ambyah]

2 komentar: