Minggu, 17 Januari 2021

AKSI BERSAMA UNTUK SESAMA Lazismu Pacitan Menggalang Dana Untuk Bencana Alam

Di Indonesia bagaikan etalase atau bahkan ada yang mengibaratkan bagaikan “supermarket” bencana alam, belum selesai banjir muncul tanah longsor, disusul gempa bumi, dibarengi dengan erupsi gunung berapi, banjir lahar, disusul ancaman tsunami, dan lain-lain semuanya ada. Dan semua jenis ancaman bencana dengan skala yang berbeda-beda ini di setiap daerah sekitar kita ada dan sewaktu-waktu bisa mengancam keselamatan jiwa dan harta benda manusia. Di sisi lain bencana non-alam COVID-19 senantiasa mengancam kelengahan kita semua.


Bencana alam dengan skala besar terjadi di Kalimantan  Selatan dan Sulawesi Tenggara (Jumat dini hari, 15/01/2021), infrastruktur dan sarana kehidupan masyarakat rusak dan hancur selain adanya korban jiwa. Terkait dengan kerusakan infrastruktur dan sarana kehidupan ini tentu segera direhabilitasi dan rekonstruksi usai kegiatan tanggap darurat selesai dilaksanakan. Peran serta masyarakat dalam kegiatan kebencanaan ini sangat diharapkan.

Sehubungan dengan hal tersebut Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Pacitan melakukan penggalangan dana untuk bencana alam. Isa Ansori – Ketua Lazismu Pacitan – menjelaskan bahwa penggalangan dana yang dilakukan ini sejalan dengan instruksi dari Lazismu Pusat/Daerah Jatim juga Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur. “Penggalangan dana Lazismu Pacitan ini sesuai dengan instruksi dari Lazismu Pusat dan juga Lazismu juga PWM Jatim, secara teknis nanti kami menampung dana dari segenap warga masyarakat, juga dari segenap komponen Muhammadiyah di Pacitan,” jelas Isa Ansori.


“Lazismu bagian dari representasi masyarakat, warga dan simpatisan Muhammadiyah, dalam kolaborasi pentahelix berperan dalam manajemen penanggulangan bencana terutama masa-masa rehabilitasi dan rekonstruksi, karena bencana urusan bersama,” jelas Isa Ansori. Memang
masa-masa rekonstruksi dan rehabilitasi diupayakan waktu yang cepat, perencanaan yang matang, biaya yang besar dan berkelanjutan, sebagaimana kondisi sebelum bencana.

Bantuan dana masyarakat dan warga/simpatisan Muhammadiyah di Pacitan dapat transfer ke Bank Syariah Mandiri (BSM) nomor rekening : 778 881 213 7 an. Lazismu Kab. Pacitan atau langsung Posko di Gedung Dakwah Muhammadiyah – Jl. Cokroaminoto 15 Pacitan.

Selanjutnya, dana yang terkumpul disalurkan ke Lazismu PWM Jawa Timur untuk kemudian dikirimkan ke daerah yang dilanda bencana alam. “Penerimaan dana paling lambat  tanggal 30 Januari 2021 baik melalui transfer atau tunai melalui Lazismu Pacitan,” jelas Isa Ansori.

Sampai dengan tulisan ini dibuat sudah terkumpul dana sebesar Rp. 1.494.000,00. "Salurkan sebagian rezeki berupa dana/uang Bapak, Ibu dan Saudara  warga masyarakat Pacitan untuk saudara-saudara kita yang tertimpa bencana alam melalui Lazismu Pacitan, dengan iringan doa semoga Allah memberikan berkah untuk kita semua. Aamiin," pungkas Isa Ansori. [ambyah]

0 komentar:

Posting Komentar