Selasa, 08 Desember 2020

Laporan Harian TDRR Bencana Tanah Longsor di Desa Gembuk Kecamatan Kebonagung (22/11/2020)

 

LAPORAN HARIAN

RESPON ATAS BENCANA TANAH LONGSOR

DESA GEMBUK KEC. KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN

 

 

A.   HARI DAN TANGGAL

Hari dan tanggal             : AHAD, 22 November 2020

Tempat                              : a. Lokasi Tanah Longsor Desa Gembuk

                                             b. Kantor/Balai Desa Gembuk (Tempat Evakuasi Warga)

                                            

B.   KEGIATAN YANG TELAH DILAKSANAKAN

a.    Melaksanakan evakuasi dan penjemputan warga yang tempat tinggalnya rawan longsor, keputusan ini dilakukan setelah terjadi hujan dengan intensitas ringan – tinggi selama hampir satu jam.

b.    Membersihan dan membenahi tempat dapur umum, akibat air hujan masuk ke ruang dapur.

c.    Asesmen rumah tempat tinggal Pak Katiman RT 1 RW 3 Dusun Ngelo yang terancam longsor dari tebing sisi rumahnya, dengan menutup dengan terpal retakan tanah yang nampak.

d.    Asesmen dan evakuasi barang-barang dari rumah pak Rigan dan Soidi RT 1 RW 3 Dusun Krajan (sebelah barat MTsM Gembuk) yang terancam lonsor dengan ditandai retakan tanah dari tebing sisi rumahnya dan adanya gejala tumbangnya pohon besar di sekitarnya.

e.    Ketua Lazismu dan MDMC Pacitan, berkoordinasi dengan Kepala Desa tentang rencana pengerahan Relawan Muhammadiyah untuk bersama-sama menyiapkan lahan untuk hunian warga korban longsor pak Suranto, rencana pemasangan spanduk edukasi masyarakat dan rencana pembukaan Posko Layanan MDMC 0 Lazismu di MTs Muhammadiyah Gembuk.

f.     Koordinasi kegiatan pendirian dapur umum untuk penyiapan logistik tim relawan Muhammadiyah (KOKAM) pada hari Selasa tanggal 24 November 2020 nanti yang dilakukan oleh PDA dan dibantu Bapak/Ibu Guru BA/MIM/MTsM Gembuk.

g.    Pengaturan piket/jaga di Balai Desa Gembuk.

h.    Koordinasi dengan Relawan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Gembuk tentang teknis pembukaan Pos Layanan di MTs Muhammadiyah Gembuk. Direncanakan bantuan logistik dari PWM, dan Lazismu PWM Jawa Timur akan didrop langsung di Pos Layanan ini;

i.      Sosialisasi upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 kepada relawan, pengungsi dan warga masyarakat.


 

 

C.   RENCANA KEGIATAN BERIKUTNYA

a.    Melaksanakan kegiatan sesuai arahan yang diberikan Kepala Desa;

b.    Koordinasi terkait kegiatan bakti sosial Relawan Muhammadiyah (Tim SAR KOKAM) pada tanggal 24 November 2020 nanti;

c.    Koordinasi internal Muhammadiyah (OMOR) terkait langsung dengan kegiatan tanggal 24 November 2020 nanti;

 

D.   KEBUTUHAN WARGA KORBAN TANAH LONGSOR

Sampai dengan saat ini ada 35 KK dengan jumlah 124 jiwa (data ini bertambah seiring dengan tingginya intensitas hujan yang turun dan kondisi/kontur tanah), yang terdampak langsung dari bencana tanah longsor masih mengungsi/tempat evakuasi sementara, baik di Balai Desa ataupun di rumah sanak-saudaranya dari inventarisir yang dilakukan kebutuhan dasar yang diperlukan adalah :

 

a.    Cairan disinfektan              

b.    Hygiene-kit                           

c.    Kompor                                             

d.    Alat masak                           

e.    Alas tidur                              

    

Catatan : untuk persediaan sembako-lauk dan hygiene-kit yang ada di Posko Kantor Desa semakin menipis seiring dengan bertambahnya jumlah warga yang terdampak langsung dengan tanah longsor dan tersendatnya bantuan masuk dari pihak luar.

 

E.   REKOMENDASI

a.    Penggalangan bantuan berupa dana dan barang untuk korban tanah longsor, setidaknya sampai datangnya musim tidak hujan lagi;

b.    Pelibatan guru BA/MI/MTs Muhammadiyah di desa Gembuk dan sekitarnya (ada 6 lembaga) dan juga segenap komponen Muhammadiyah lain di Kab. Pacitan lebih intens terkait dengan bencana tanah longsor yang terjadi, sebagai wujud dari One Muhammadiyah One Respons;

c.    Tetap bertindak sesuai arahan MDMC - LAZISMU PDM, BPBD, Kepala Desa, dan aparat TNI/Polri;

d.    Diperlukan segera pembukaan Pos Koordinasi Layanan MDMC – Lazismu, sebagai upaya bagian dari dakwah Muhammadiyah;

e.    Wabah pandemik COVID-19 belum berakhir, seruan untuk pakai masker, sering cuci tangan dan jaga jarak tetap dilakukan. Perlunya diperbanyak tempat cuci tangan, penyediaan hand-sanitizer dan pemakaian masker.


 

 

F.    PENGGALANGAN DANA KEBENCANAAN

Penggalangan dana terkait dengan kebencanaan dilakukan oleh Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Kab. Pacitan.

 

Bank Syariah Mandiri : 7788812137

Konfirmasi SMS / WA : 085335366070


Versi Cetak Laporan : 

https://drive.google.com/file/d/1hPjk2MChOmyvVwkNm_hJvCiO6so_Yjbg/view?usp=sharing




0 komentar:

Posting Komentar