Minggu, 05 April 2020

Tanggap Hadapi COVID-19 Dengan CILaM - 085735931186

Adalah Bambang Setyo Utomo seorang Relawan MDMC Pacitan yang sering menggunakan nama samaran Bambang el Pacitano pada hari Ahad (05/04/202020) merilis aplikasi chat WA yang diberi nama CILaM kepanjangannya  Call Center Induk LazisMU MDMC dengan menggunakan nomor telepon seluler : 085735931186. Dalam kata-ka pembukaan dituliskan bahwa aplikasi ini untuk mengetahui perkembangan pendemi COVID-19  di Indonesia, Jawa Timur dan Pacitan, ketika kita ketik MENU pada aplikasi CILaM ini. Dengan tampilan awal sebagai berikut :







Rilis aplikasi chat WA ini merupakan alternatif pilihan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang cukup terkait dengan Covid-19. Ketika ditanyakan apa latar belakang merilis CILaM ini, Bambang el Pacitano mengatakan, “Melihat perkembangan situasi secara Nasional, Provinsi maupun Kabupaten yang sangat memprihatinkan dan ditambah dengan belum adanya aplikasi sejenis dari Satgas Covid-19 Pacitan untuk menampilkan data riil up-to-date terutama di Kabupaten Pacitan. Yang baru ada selama ini adalah info melalui web yang biasanya masyarakat agak malas untuk membukanya”. Sebagaimana kita ketahui untuk Jatim Tanggap Covid-19 website beralamat di : http://infocovid19.jatimprov.go.id/#peta.
 
Selain Data Terbaru Persebaran Covid-19 di Indonesia, Provinsi Jawa Timur dan Pacitan, dalam aplikasi CILaM yang berbasis chat WA ini juga disajikan pilihan informasi Chek-up Covid-19 diri secara mandiri, apa yang harus saya lakukan, apa yang sudah dilakukan MDMC/MCCC/LazisMu Pacitan dalam menanggulangi Covid-19 dan juga ajakan untuk berdonasi untuk penanganan Covid-19 melalui Lazismu. Terkait dengan hal tersebut Bambang el Pacitano menjelaskan, “Ini semua tidak lepas bentuk pertanggung jawaban publik dari aksi yang telah dilakukan MCCC – MDMC – Lazismu sebagai aksi yang kredibel dan terpercaya di mata masyarakat umum.

Koordinator MCCC (Muhammadiyah Covid-19 Command Center) – Agus Hadi Prabowo yang juga Ketua MDMC dihubungi per telepon menyambut gembira atas diluncurkannya aplikasi CILaM dengan developed bambangelpacitano ini. “Dengan adanya aplikasi CILaM ini diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal  mungkin, sehingga lebih mudah memberikan pelayanan kepada masyarakat dan penyebaran informasi jadi lebih cepat dan akurat,” demikian harapan Agus. 
Terbukti masyarakat Pacitan pengguna medsos sangat antusias dengan aplikasi CILaM ini terbukti kurang dari satu jam diluncurkan (21:29 sampai 22:00 WIB) sudah ada 253 kali diakses pengguna medsos.
Terkait dengan pengembangan aplikasi ini akan terus dikembangkan dari sisi tampilan dan konten. “Sementara ini saya kembangkan sendiri aplikasi ini dengan konsultasi dengan teman teman-teman yang mengerti IT. Pada kesempatan mendatang saya menunggu relawan Muhammadiyah Pacitan untuk bersinergi menanggulangi Covid-19 melalui dunia maya dengan mengedukasi masyarakat. Bahaya Covid-19 sudah diketahui, sekarang saatnya kita kurangi risikonya,” demikian penjelasan Bambang mengakhiri perbincangan. [frend].

0 komentar:

Posting Komentar