Senin, 02 Maret 2020

Tingkatkan Potensi SAR, Relawan MDMC Ikuti Pelatihan BPBD


Sebanyak 150 orang relawan Search And Rescue (SAR) gabungan dari berbagai unsur dan komunitas relawan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pacitan mengikuti Pelatihan Kedaruratan Bencana  Dengan Basarnas Pos SAR Trenggalek  yang diselenggarakan oleh BPBD Kabupaten Pacitan. Kegiatan dilaksanakan dua hari tanggal 29 Pebruari – 1 Maret 2020 dengan lokasi pelatihan di Dermaga Pelabuhan Teleng dan Wisma Atlet Pacitan.


“Relawan SAR Gabungan tersebut merupakan bagian dari SAR dari :  MDMC, ORARI, Rapi, SAR MTA, dan kelompok/komunitas relawan lain.” kata Koordinator kegiatan dari MDMC Pacitan Nur Rodli (Sabtu, 29/2/2020).


Nur Rodli menjelaskan tujuan diadakannya pelatihan ini adalah guna membekali potensi SAR kemampuan teknik pencarian, pertolongan dan evakuasi korban baik di air, gunung maupun di hutan. Relawan MDMC dalam kegiatan ini menyertakan 9 orang relawannya (dari unsur AMM, dan PCM), masuk dalam kelas Water Rescue, Vertical Rescue dan PPGD/Kesehatan.

“Dengan pelatihan seperti ini peserta nantinya dapat menangani musibah kebencanaan secara cepat dan tepat di lokasi musibah,” imbuh Nur Rodli yang sehari-hari sebagai Kepala MI Muhammadiyah Sooko Punung.

Materi yang diberikan kepada peserta pelatihan disusun berdasarkan jenis kelas dan pemenuhan kebutuhan peningkatan kapasitas SAR. Materi tersebut antara lain dasar-dasar water rescue, vertical rescue, juga pengantar Medical First Responder, Perawatan Darurat, dan Fraktur.

“Adapun untuk materi water rescue peserta dipraktekkan penggunaan pelampung dan teknik penyelamatan di laut, vertical rescue disimulasikan penyelematan dari ketinggian dengan teknik tali-temali, dengan penjelasan standar operasional prosedur yang memang harus ditaati oleh seluruh peserta,” jelas Nur Rodli.

 

 “Setelah selesai kegiatan ini, kami berharap MDMC khususnya dan BPBD sebagai lermbaga pemerintahan untuk terus berusaha meningkatkan kapasitas relawan kedaruratan dan kebencanaan, dengan memperhatikan bahwa daerah Kabupaten Pacitan adalah daerah rawan bencana,” tambahnya. (ahp)




0 komentar:

Posting Komentar