Selasa, 03 Maret 2020

Rumah Ambruk akibat Hujan di Pacitan


PWMU.CO – Hujan deras yang turun sejak siang sampai sore, Senin (2/3/2020) mengakibatkan longsor yang menimpa puluhan rumah di beberapa desa di Kecamatan Nawangan dan Bandar, Kabupaten Pacitan.
Berdasar data yang dihimpun oleh relawan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Pacitan, sampai berita ini ditulis, rumah yang tertimpa longsor antara lain milik Jumiran, Warga RT 02 RW 1, Dusun Ngrejo Desa Tumpuk, Kecamatan Bandar.
Selain itu, longsor juga merusak rumah Nyamin (47), yang tinggal di RT 02 RW 01 Dusun Krajan, Desa Nawangan, Kecamaan Nawangan.
 Kerusakan parah menimpa rumah Sayem, yang berada di RT 01 RW18, Dusun Ngagik Desa Bandar, Kecamatan Bandar. Rumah ambruk rata dengan tanah.
Menurut Martono, warga Dusun Ngagik, hujan yang deras sejak siang yang menyebabkan tebing tinggi di samping rumah Mbah Sayem tersebut longsor. “Iya karena hujannya memang sangat lebat dan lama,” kata tetangga Mbah Sayem ini.
Selain di Desa Bandar, rumah terdampak longsor juga terdapat di Desa Tumpuk. Di desa ini ada empat rumah yang terdampak cukup parah. 
Sekretaris Kecamatan Bandar, Pontjo Sri Harijoko, ketika dikonfirmasi oleh PWMU.CO, membenarkan adanya kerusakan pada rumah warga akibat longsor tersebut. “Betul, rumah dari warga kami ada yang terkena longsor,” ujarnya.
Ketua MDMC Pacitan Agus Hadi Prabowo yang memantau informasi bencana sejak siang kemarin, melakukan koordinasi validitas data dan pengiriman bantuan bersama Lazismu dan Pengurus Muhammadiyah setempat.
“Mari kita tindaklanjuti data korban yang sudah masuk di MDMC,” imbau Agus.

MDMC cukup disibukkan dengan berbagai data yang masuk, karena tidak semuanya valid. Selain itu, hujan lebat kemarin juga menyebabkan banjir di hulu sungai Grindulu. Beberapa warga yang melihat kemudian merekam dan menyebarkan. 
 Uniknya, kemudian video yang beredar bercampur dengan video bencana tahun 2017. Sehingga banyak warga yang resah dan panik melihat berbagai informasi yang masuk.
“Mestinya ada satu pintu informasi yang menjadi rujukan warga, sehingga tidak menimbulkan berbagai spekulasi yang membingungkan,” kata Agus. (*)


Sumber : 
https://pwmu.co/135454/03/03/rumah-ambruk-akibat-hujan-di-pacitan/

0 komentar:

Posting Komentar