Senin, 23 Maret 2020

Cegah Covid-19, MCCC Pacitan Semprot Disinfektan di 7 Tempat

Di tengah upaya pencegahan merebaknya wabah virus corona (covid-19) di masyarakat. Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Pacitan bergerak cepat dengan melakukan aksi penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah tempat fasilitas umum dan masjid pada hari Senin (23/03/2020).


Langkah MCCC yang anggotanya merupakan gabungan elemen Angkatan Muda Muhammadiyah dan Organisasi Otonom Muhammadiyah Pacitan di bawah koordinasi MDMC dan Lazismu tersebut sejalan dengan upaya Pemerintah,  disamping adanya Maklumat Pimpinan PusatMuhammadiyah Nomor : 02/MLM/I.0/H/2020 Tentang Wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan pada Maklumat dinyatakan bahwa Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) yang bertugas mengoordinasikan pelaksanaan program dan aksi penanganan Covid-19, dan ini diikuti oleh Pimpinan Muhammadiyah pada tingkatan di bawahnya tidak terkecuali Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pacitan.

“Pada hari ini, Senin (23/3/2020) kami telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di 7 tempat-tempat umum antara lain di Masjid Agung Darul Falah Pacitan, Kantor Kementerian Agama, SD Negeri Menadi, TK Sumbeharjo, SMA Muhammadiyah, MI Muhammadiyah Baleharjo dan TK ABA Pacitan. Dan itu akan berlangsung selama beberapa hari kedepan, sesuai dengan kebutuhan,” tutur Ketua MDMC yang juga Koordinator MCCC Pacitan, Agus Hadi Prabowo.

Meski begitu Agus menyebut,  masa waktu penyemprotan cairan disinfektan ini akan terus dilakukan dengan melihat perkembangan situasi penyebaran wabah virus covid-19 yang saat ini telah ditetapkan BNPB sebagai bencana nasional non alam.

Disamping penyemprotan cairan disinfektan, MCCC kata Agus juga terus melakukan sosialisasi sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19. Dengan membekali relawan-relawan yang tangguh yang selalu siap dan berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penanganan covid-19 di Pacitan. “MDMC memiliki beberapa relawan masalah kebencanaan non alam ini, yang dilatih berkelanjutan oleh BPBD maupun Dinas Kesehatan,” kata Agus menambahkan.


“Pada upaya pencegahan covid-19 ini, MCCC telah memiliki standar operasional prosedurnya. Dan kita juga hadir dan siap membantu instansi terkait dalam rangka pencegahan dan penanganan covid-19 di gugus tugas Kabupaten Pacitan sesuai dengan misi dakwah Muhammadiyah,” penjelasan Agus mengakhiri pembicaraan melalui telepon.(frend)

Kiriman Kontributor : Frendirga Aman Sentosa


0 komentar:

Posting Komentar