Rabu, 24 Januari 2018

MDMC Dipercaya !!!

Sesuai dengan Keputusan Bupati Pacitan tentang bahwa saat sekarang ini di Kabupaten Pacitan memasuki masa transisi, dari masa tanggap darurat ke masa rehabilitasi dan rekonstruksi. Jika melihat di lapangan memang sudah tidak nampak adanya bekas banjir, bencana yang sempat menjadi viral menimpa warga dan masyarakat Pacitan. Namun tidak boleh dibiarkan begitu saja adalah bencana tanah longsor dan retakan tanah yang merata di seluruh pelosok di Kabupaten Pacitan. Wilayah ancaman longsor yang luas menjadikan atensi dan perhatian khusus dari pihak terkait dengan kebencanaan. Tidak bisa diambil tindakan sebelum ada data yang akurat dan pasti, untuk itu diperlukan data survey yang kredibel.


Pada hari Kamis tanggal 18 Januari 2018, MDMC Pacitan diberikan tugas khusus sebagai tenaga survey Analisa Risiko Bencana yang mencakup 83 titik lokasi yang harus didatangi dan disurvey Relawan MDMC. Kegiatan survey ini dipandu oleh Mercy Corps sebagai mitra kerja BPBD Kabupaten Pacitan. Sedangkan kegiatan survey Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu-Pasna) dilakukan oleh beberapa kelompok relawan/komunitas yang lain.
Koordinator Tim MDMC untuk Survey ini dipercayakan kepada Bambang Setyo Utomo, dalam kesempatan Apel Relawan Muhammadiyah (22/01/2018) menekankan bahwa, MDMC dipercaya oleh BPBD untuk itu seluruh relawan MDMC yang bergabung dalam survey ini untuk serius dan melaksanakan kegiatan dengan sebaik-baiknya, diniatkan untuk mengabdi dan belajar. Bambang lebih jauh menyatakan, "jangan malu untuk meminta penjelasan jika menemui kesulitan, ini kegiatan baru, begitu juga bagi MDMC Pacitan."

Pada saat pembekalan surveyor (22/01/2018) Kepala Pelaksana BPBD dalam hal ini diwakili oleh Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pujono menyatakan, "menaruh harapan besar terhadap MDMC Pacitan dalam membantu kerja BPBD, yaitu mampu memberikan data yang akurat dan tepat terhadap resiko bencana  di masing masing wilayah selepas bencana banjir dan longsor yang telah terjadi".

Kurang lebih harapan yg sama di sampaikan Rinto Andriono yang fasilitator Mercy Corp yang menjadi mitra/konsultan BPBD Pacitan dalam perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi pasca bencana pada saat pembekalan surveyor, yaitu : "MDMC selama ini dipandang mampu untuk aktif terlibat dalam penanganan bencana baik sebelum, pada waktu dan setelah bencana".
Materi pembekalan yang diberikan antara lain :
1. Peta Kawasan Risiko Bencana
2. Penguasaan Aplikasi Andoid
3. Teknik Wawancara
4. Pengisian formulir survey
Selanjutnya Tim MDMC Pacitan yang bertugas disebar ke 82 titik yang telah ditentukan BPBD sebagai bahan untuk Analisis Risiko Bencana.

Ditargetkan tanggal 26-27 seluruh data sudah terkumpul dan di-entry oleh Tim BPBD Pacitan.

Sebuah kepercayaan kepada MDMC Pacitan.....

Lampiran :
Pembagian Lokasi Survey dan Petugas : http://bit.ly/relawan_surveyor_mdmc_pacitan









Penulis :
Agus HP (Ketua MDMC Pacitan)

2 komentar:

  1. Semoga menambah kemajuan mdmc dan dakwah muhammadiyah di pacitan

    BalasHapus